Seni Fraktal - Pola Fraktal Unik Secantik Kain Batik Indonesia

| Labels: | Posted On

Batik (kain batik) adalah salah satu karya seni yang dimiliki bangsa Indonesia. Berkembang pesat di Jawa, batik juga dapat ditemukan di Sumatra, Bali dan tempat lain di Indonesia. Hal lain yang membanggakan, banyak turis mancanegara yang menggemari kain batik Indonesia.

Kain Batik Indonesia

Batik Indonesia memang khas, unik dan cantik. Kain batik Indonesia memiliki motif yang beragam. Ada yang bergambar awan, pola geometris hingga bentuk hewan dan tumbuhan. Ada pula motif yang dipengaruhi geometri gaya Islam, Belanda, India dan China.
Meski sudah berusia ratusan tahun, batik tetap bertahan. Desainer batik seakan tidak kehabisan ide untuk membuat desain baru yang menarik.

Fraktal Secantik Batik = Matematika+Komputer

Disadari ataupun tidak, ada matematika di batik. Kita dapat menjumpai aneka bentuk geometri pada kain batik. Ada pola yang terlihat sederhana, ada pula pola yang dirancang secara detil dan rumit.
Meski terlihat rumit, pola geometri pada batik tradisional selalu dapat digambar menggunakan tangan.
Nah, bagaimana bila kita menginginkan pola yang lebih detil dan makin rumit? Masihkah kita dapat mengandalkan keterampilan tangan untuk mendesainnya? Dapatkah matematika membantu para perancang batik untuk menghasilkan desain yang lebih baru? Adakah bentuk geometri yang belum dieksplorasi oleh desainer batik?
Bila sekadar membuat rancangan baru, tentu matematika dapat membantu. Apalagi kini geometri fraktal makin dikenal orang. Geometri fraktal sebagai bagian dari matematika dapat dieksplorasi untuk menghasilkan motif kreatif. Pola-pola yang dihasilkan dari geometri fraktal pun terlihat makin detil dan rumit. Tentu saja, untuk mendesainnya kita memerlukan bantuan komputer.
Satu contoh adalah pola geometris seperti gambar fraktal ini.
Gambar fraktal unik secantik batik
Gambar: Fraktal unik secantik batik

Comments:

There are 0 comments for Seni Fraktal - Pola Fraktal Unik Secantik Kain Batik Indonesia

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Subscribe Now: Feed Icon

ReviewMe

TopOfBlogs My Zimbio
Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner